PELATIHAN KEMASAN BAGI IKM PANGAN OLAHAN KABUPATEN BALANGAN KALIMANTAN SELATAN

Kabupaten Balangan adalah kabupaten baru yang merupakan pemekaran dari kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), dari sisi semangat pembangunan infrastruktur  memang sudah terbilang cukup baik, meski masih ada juga ditemui kekurangan yang relatif sebagai sosok kabupaten yang masih berumur muda. Daerah yang dikenal sebagai penghasil karet dan gula aren ini menuntut diri untuk bisa tampil sejajar dengan kabupaten-kabupaten lain di Kalimantan.

Kami dari Lembaga Pengembangan Kemasan UKM Indonesia merasa sangat bersyukur bisa menjadi bagian dalam peran pembangunan di kabupaten baru ini. Tepat di awal April 2014 kami diamanahi oleh Dinas Perindag provinsi Kalimantan Selatan untuk membina UKM di kabupaten Balangan di sektor pengembangan kemasannya. Dari 25 peserta yang ikut dalam pelatihan ini sekitar 40% adalah pengusaha gula aren dan gula semut, selebihnya adalah UKM-UKM makanan-makanan ringan, minuman. Waktu 2 hari kami lebih fokuskan utk memahami urgensi fungsi kemasan, mengkonsep kemasan sesuai produknya, mengenal karakter produk, merek / labeling dan branding, serta hal-hal terkait legalitas seperti halal, P-IRT dll. Dan sebagai poin inti lebih didominasi waktu praktik merancang dan membuat kemasan.

Momen yang paling membahagiakan kami dan tim saat kami bisa melihat raut muka bahagia bercampur kaget ketika peserta melihat bagaimana kemasannya yang selama ini teramat sangat sederhana disulat menjadi kemasan yang menarik dan “menjual”.

Ternyata gampang dan mudah kan menyulap kemasan menjadi keren ? setidaknya mereka timbul semangat baru untuk bisa lebih produktif  mengembangkan produk nya. Dan yang paling keren — tidak perlu biaya mahal! –.

Sukses buat UKM Kabupaten Balangan !!!.

 

Bl11

Bl10

Bl9

Bl8

bl7

bl6

bl5

bl4

bl3

bl2

Bl1

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan komentar